Pelatihan Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Guru SMA Sumatera Utara

Authors

Keywords:

Pelatihan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Guru SMA, Sumatera Utara

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SMA di Sumatera Utara dalam merancang media pembelajaran berbasis Macromedia Flash. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diikuti oleh 30 guru dari berbagai SMA di wilayah tersebut. Metode yang digunakan meliputi ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung. Selama pelatihan, peserta diperkenalkan dengan dasar-dasar penggunaan Macromedia Flash serta teknik pembuatan animasi dan interaktivitas dalam media pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menggunakan Macromedia Flash untuk menyusun media pembelajaran yang menarik dan interaktif. Selain itu, para guru juga melaporkan peningkatan motivasi dan kreativitas dalam menyusun materi ajar. Pelatihan ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di SMA Sumatera Utara melalui penggunaan teknologi informasi yang lebih efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam, E. A. P., Musril, H. A., Okra, R., & Derta, S. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Informatika Kelas x Menggunakan Smart Apps Creator di SMA Negeri 5 Bukittinggi. JURNAL MEDIA INFOTAMA, 20(1), 311–320.

Aryanti, P. G., Lailany, A. A., Amelia, I., Regita, A. N. H., Setiawan, K., & Yel, M. B. (2024). Media Interaktif Pembelajaran Berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash untuk TK dan PAUD. AJAD: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61–75.

Aziz, A. S., Najimah, N., Yusran, Y., & Islamadina, R. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Materi Matriks Berbasis Animasi Interaktif Dengan Metode MDLC. J-SIGN (Journal of Informatics, Information System, and Artificial Intelligence), 2(1), 11–24.

Dachi, D. D., Okra, R., Musril, H. A., & Derta, S. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Animate Pada Mata Pelajaran InformatikaKelas VII di SMP Negeri 1 Padang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 7127–7138.

Hendra, R. J., Yuspita, Y. E., Darmawati, G., & Annas, F. (2024). PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI JARINGAN KABEL DAN NIRKABEL BERBASIS ANIMASI MENGGUNAKAN KINEMASTER. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 126–134.

Purba, S. L., Alasi, T. S., & others. (2024). Implementasi Fuzzy Tsukamoto Dalam Kelayakan Guru Mendapat Reward (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Sei Bingai). Jurnal Informatika Press, 1(2), 38–44.

Siagian, N. A., & others. (2024). Revolusi Pembelajaran Akuntansi Dengan Memanfaatkan Teknologi Interaktif Baru dalam Media Pembelajaran dengan Adobe Flash. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 3(01), 38–47.

Steiner, T. (2024). Toward Making Opaque Web Content More Accessible: Accessibility From Adobe Flash to Canvas-Rendered Apps. Companion Proceedings of the ACM on Web Conference 2024, 1111–1114.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Pelatihan Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Guru SMA Sumatera Utara. (2024). Jurnal Pengabdian Masyarakat Variasi, 1(1), 5-8. https://idpress.ac.id/jpmv/article/view/29

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.