PENDAMPINGAN UPAYA PENINGKATKAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DAN BAHASA INGGRIS DI SD IT AR-RASYID
Keywords:
SD IT, Bimbingan Belajar, Bahasa Indonesia, Bahasa InggrisAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh tim dosen STIKes BSM sebagai salah satu bagian dari Tri Dharma Pendidikan Tinggi dilakukan dari tanggal 05 Mei sampai dengan 12 Mei 2024. Salah satu lokasi tempat yang dipilih yaitu di SD IT Ar-Rasyid, kecamatan Percut Sei Tuan, kabupaten Deli Serdang berbentuk bimbingan belajar kepada peserta didik. Sasaran kegiatan yang dilaksanakan adalah pembimbingan bahasa indonesia yang baik dan benar. Selain itu juga membimbing dalam penguasaan bahasa inggris yang sangat diperlukan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan sebelum kegiatan ini dilaksanakan, peserta didik masih banyak yang tidak menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar di saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini merupakan dampak kebiasaan penggunaan bahasa daerah pada kehidupan sehari–hari dan lingkungan keluarga sehingga terbawa-bawa ke sekolah. Selama kegiatan berlangsung, peserta didik sebagai sasaran PkM sangat antusias, karena tim menggunakan pendekatan secara humanistis baik di sekolah maupun di luar sekolah sesuai dengan jadual yang telah ditetapkan. Di sela-sela kesibukan pembimbingan penguasaan bahasa, tim juga memanfaatkan waktu untuk mengarahkan mereka dalam kegiatan 7K (keamanan, kebersihan, kekeluargaan, keimanan, kerindangan, kerapihan, dan keindahan). Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa rata-rata peningkatan peserta didik berbahasa indonesia dan bahasa inggris masing-masing 85,55% (sangat baik) dan 62,62% (sedang). Peningkatan yang paling menonjol penguasaan bahasa indonesia dan bahasa inggris dialami para peserta didik kelas V dan kelas VI, hal ini karena perkembangan kognitif yang lebih tinggi tingkatannya.
Downloads
References
N. E. Ariningsih, S. Sumarwati, and K. Saddhono, “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas,” BASASTRA, vol. 1, no. 1, 2012.
A. D. Maolana, “Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui in house training,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 2, no. 3, pp. 953–969, 2018.
M. P. Nasional, “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan.” Pub. L. No. Nomor, 2008.
S. Yuniati, “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstektual,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 2, no. 1, pp. 41–58, 2014.
F. B. Rajagukguk, “PROBLEMATIKA PEMBATALAN PERJANJIAN KARENA KETIADAAN BAHASA INDONESIA.,” J. Syntax Lit., vol. 7, no. 6, 2022.
A. Fauzan and others, “Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Masa Pemerintahan Joko Widodo--Jusuf Kalla 2014-2019 Implementasi Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” FISIP UIN Jakarta, 2019.
M. K. Arief, L. Handayani, and P. Dwijananti, “Identifikasi kesulitan belajar fisika pada siswa RSBI: Studi kasus di RSMABI se Kota Semarang,” UPEJ Unnes Phys. Educ. J., vol. 1, no. 2, 2012.
N. Sudjana, “Standar Kompetensi Pengawas Dimensi dan Indikator,” Jakarta Binamitra Publ., 2009.
T. Tenny, A. K. Nisa, and M. Murtaplah, “Pengembangan literasi dan numerasi dalam proses belajar dan mengajar berbagai mata pelajaran.” Direktorat Sekolah Menengah Atas, 2022.
P. Fitriani and T. S. Alasi, “Sistem pendukung keputusan dalam menentukan judul skripsi mahasiswa dengan metode WASPAS, COPRAS dan EDAS berdasarkan penilaian dosen,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 4, pp. 1051–1061, 2020.
R. Alamsyah and R. Yap, “Penyuluhan Tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar Dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Guru,” J. Pengabdi. Masy. Variasi, vol. 1, no. 1, pp. 16–18, 2024.
T. S. Alasi, “Pelatihan Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Guru SMA Sumatera Utara,” J. Pengabdi. Masy. Variasi, vol. 1, no. 1, pp. 5–8, 2024.
T. S. Alasi and P. Fitriani, “e-Planning Menerapkan Algoritma Boyer Moore untuk Penyesuaian Usulan Berdasarkan Tupoksi Organisasi Perangkat Daerah,” in SINTAKS (Seminar Nasional Teknologi Informasi Komputer dan Sains 2019), 2019, pp. 128–137.
M. Halim, S. Nasution, and I. J. Tarigan, “Seminar Bijak Bersosial Media Di Era Society 5.0,” J. Pengabdi. Masy. Variasi, vol. 1, no. 1, pp. 13–15, 2024.
I. Sidabutar, L. N. Tarigan, and M. M. B. Ginting, “Seminar: Peningkatan Kecakapan Literasi Digital dan Pengenalan Undang-Undang Cybercrime,” J. Pengabdi. Masy. Variasi, vol. 1, no. 1, pp. 9–12, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kesya Nirma Lumbantobing, Sriwida Harahap, Berkat Panjaitan (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Similar Articles
- Reza Alamsyah, Riandy Yap, Penyuluhan Tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar Dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Guru , Jurnal Pengabdian Masyarakat Variasi: Vol. 1 No. 1 (2024): Januari - Juni
- Nurmala Sridewi, M. Rhifki Wayahdi, M. Arya Wardana, Pelatihan Pembuatan Game Edukatif untuk Orang Tua dalam Meningkatkan Literasi Digital Anak Usia Dini di Sanggar Keadilan SMH-Indonesia , Jurnal Pengabdian Masyarakat Variasi: Vol. 1 No. 2 (2024): Juli-Desember
- Tomy Satria Alasi, Pelatihan Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash untuk Guru SMA Sumatera Utara , Jurnal Pengabdian Masyarakat Variasi: Vol. 1 No. 1 (2024): Januari - Juni
You may also start an advanced similarity search for this article.